.. إِنَّكَ لا تَهدى مَن أَحبَبتَ وَلٰكِنَّ اللَّهَ يَهدى مَن يَشاءُ ۚ وَهُوَ أَعلَمُ بِالمُهتَدينَ ..

"Sesungguhnya kamu tidak akan dapat memberi petunjuk kepada orang yang kamu sayangi, tetapi Allah memberi petunjuk
kepada orang yang dikehendaki-Nya, dan Allah lebih mengetahui orang-orang yang mau menerima petunjuk." (AlQasas 28: 56)

Live Streaming

Bismillahirrohmaanirrohiim

"Engkau tidak akan menjadi seorang alim hingga engkau menjadi orang yang
belajar. Dan engkau tidak dianggap alim tentang suatu ilmu, sampai
engkau mengamalkannya."
...Abud Darda' Radhiallahu anhu...

24 January 2011

Tingkatan Orang Sholat

Tingkatan Orang Sholat

Ibnul Qoyyim rohimahullah berkata," Manusia, sholat nya ada lima tingkatan":(Al-Wabilush Shoyyib.)

Pertama:
Orang itu mendzolimi dirinya sendiri , dia meremehkan sholat, yakni yang tidak menyempurnakan wudhunya, tidak tepat waktunya, serta tidak sempurna rukun dan kewajibannya.

Kedua: Dia memperhatikan waktunya, ketentuan dan rukunnya secara lahir, dan sempurna wudunya, tetapi ketika dia sedang mengerjakan sholat datang was-was.lalu hatinya mengikuti was-wasnya dan berfikir yang bukan-bukan.

Ketiga:
Orang itu menjaga rukun dan ketentuan sholatnya dan hatinya berusaha melawan was-was dan pemikiran lainnya, dia di sibukkan melawan musuhnya agar tercuri sholatnya maka dia menjalankan sholat dan jihad.

Keempat:
Orang itu mengerjakan sholat dengan poin pertama sampai ketiga, bahkan dengan kesungguhannya di kerahkan untuk menunaikan sholat sebagaimana mestinya.

Kelima:
Orang tersebut telah mencakup ke empat poin di atas + merasa sejuk hatinya melihat Allah ( merasa di awasi Allah-penulis -Sukpandiar Idris)



Tingkatan orang yang pertama ia di siksa. Tingkatan kedua ia di hisab. Tingkatan ketiga di hapus dosanya. Tangga keempat di beri pahala. Tangga/ tingkatan kelima di dekatkan dengan Allah yang Maha Tinggi karena ia menjumpai nikmatnya hidup ketika dia sholat merasa diawasi oleh Allah. Ayo pilih tangga ke berapa?

"Dan bertaqwalah kepada Allah yang Maha Perkasa lagi Maha Penyayng, yang melihat kamu ketika kamu berdiri 9untuk sholat-SI), dan melihat pula) perubahan gerak badanmu di antara orang-orang yang sujud. "(asy-Syu'aro:217-219)

"Hendaklah engkau beribadah kepada allah seakan-akan engkau melihatNya, dan jika engkau tidak mertasa melihatNya, maka sesungguhnya Allah melihat engkau. "HR.Muslim no.8. Abu Dawud 4695. Ibnu Majah:63, Tirmidzi 2610.

"Sesungguhnya Allah menjadikan sholat  penyejuk hatiku". HR.Ahmad, An -Nasa-'i, al-Naihaqi, al-Hakim dan lainnya.Di Shahihkan oleh AlBany dalam shahihul jami' no.3098.


Cikarang Barat, 20 Shofar 1432 H / 24 Januari 2011 Jam 01.16 WIB


Abu Hada Sukpandiar Ibnu Idris

0 komentar:

Labels

About This Blog

Followers

About

My photo
Rasulullah bersabda (yang artinya), "Sesungguhnya Islam pertama kali muncul dalam keadaaan asing dan nanti akan kembali asing sebagaimana semula. Maka berbahagialah orang-orang yang asing (alghuroba')."(hadits shahih riwayat Muslim)

  © Free Blogger Templates Blogger Theme II by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP